Sabtu, 26 Oktober 2013

Mt. Prau 2565 mdpl


Selamat datang Oktobeer!!! Awal Oktober ini kita rayakan di puncak gunung Prau. Banyak yang nanyain dimana letak gunung Prau padahal kalo rajin kepo di google udah jelas kok gunung Prau ada di Dieng. Gunung Prau sendiri adalah gunung tertinggi yang ada di wilayah pegunungan Dieng dengan ketinggian sekitar 2565 Mdpl.

Awal ceritanya, ada 7 orang yang mau ikut muncak, tanggal udah fix, rencana udah matang, perkiraan budget udah dibuat. Drama pertamanya waktu 4 orang tiba-tiba bilang gabisa ikut soalnya ada acara mendadak di tanggal itu. Waduh! Awal pertanda buruk nih! Akhirnya kalang kabut cari personil lain yang tertarik ikut muncak bareng. Saling cari mencari akhinya pimpin, travel partner yang paling asik langsung bilang ayok ga pake mikir. Sampe H-4 personil ada 4 orang yang masih berpendirian teguh mau muncak.

Sampe H-3 ada 1 orang yang gabisa ikut karena ada alasan tertentu. Baiklah, apapun yang terjadi kita tetep muncak bertiga aja gapapa, the show must go on. Akhirnya, iseng-iseng ngajak Raymon yang lagi jomblo nganggur. Yess! H-2 Raymond fix ikut. Akhirnya, 4 orang (aku, nyolo, pimpin, raymon) fix melakukan perjalanan ke puncak Gunung Prau tanggal 5-6 Oktober 2013.

Perjalanan dimulai dari Jogja - Wonosobo via travel. Sampe Wonosobo menuju Dieng via Angkot. Sampe Dieng ketemuan sama porter + guide, lalu kita langsung berangcuuus!

Trekking berawal dari nyusurin perkampungan penduduk yang harus banget ngelewatin anak-anak tangga (sialnya, dari sini aku udah ngos-ngosan!) lalu masuk di perkebunan penduduk, disini jalan udah rata, tapi udah naik, lagi-lagi sialnya aku ngos-ngosan makin parah (haha!)





Hari udah mulai gelap, kita masih separo perjalanan dan bagusnya yang bawa senter cuma aku, untung aja mas porter sedia senter hutan. Jam 6 sore kita masih nerabas jalan setapak, dari bawah kedengaran suara azan magrib, lampu-lampu kota keliatan jelas banget dari atas.

Asiknya lagi, waktu kita ngelewatin jalan rata, kerasa banget kanan kiri rumput dan aku bisa nebak kalo yang kita lewatin kali ini adalah bukit teletubbies yang terkenal itu. Lagi asik-asiknya nyenterin jalan sambil pegang kamera, tiba-tiba "Bruuukk!!!" Sempet-sempetnya aku kepeleset, merusak suasana aja haha

Akhirnya, setelah 3 jam jalan naik turun tangga, batu, dan pasir kita sampe juga di puncak gunung Prau. Wooow!! liat langit bintangnya amaziing bangeeeet, parabet asiknyaa! Angin dan dinginnya juga ga kalah asiiik. Kata mas porter beberapa hari sebelum kita naik, suhu di puncak Prau sempet minus 2 derajat. Jadi, kalo mau naik Prau disaranin bawa kaos kaki, sarung tangan, sama jaket double biar ga kedinginan.


Foto by : Agung Nyolo

Yeey! Akhirnya tenda kuning kesayangan kita udah berdiri gonjang-ganjing tertiup angin di bawah galaksi bimasakti. Hebatnya lagi, si nyolo berhasil ngecapture foto yang "awesome" sekali padahal waktu itu angin kenceng dan dingiiin bangeet, berkali-kali nyobain tekan tombol shutter di kamera tangan ampe beku, akhirnya aku menyerah masuk tenda, cuma nyolo yang berhasil bertahan, hahaa! Oya, sekalian promote kalo penasaran sama foto-fotonya nyolo bisa buka instagram 'agungnyolo' haha. Gabut di dalam tenda. Salah banget gabawa banyak cemilan, malem-malem kita kelaparan dan kita cuma bawa 6 bungkus indomie, 8 bungkus kopi instan, sebatang coklat, dan permen karet. Akhirnya kita berempat makan 2 bungkus indomie rebus mentah sama kopi anget, itu aja rasanya udah nikmat banget, haha!

Pas banget, bangun tidur sunrise udah mau muncul. Semburat merahnya cantik banget. Di depan tenda view gunung merapi, merbabu, sumbing, dan sindoro udah mulai nampak. Awesomeee!!!











Indomie rebus kita sisa empat bungkus, pas banget. Akhirnya, indomie rasa ayam bawang sama indomie rasa kari ayam kita masak campur jadi satu.



Taraa! Sarapan kita udah siap. Siapa yang mau nolak sarapan indomie rebus rasa campur di depan view kayak gini??

Bangun pagi, menikmati ke-selo-an hidup





Oleh-oleh buat yang penasaran sama bukit telettubiesnya.






Habis sarapan dan puas-puasin ambil foto, kita mulai beberes pulang. Perjalananan turun gunung ga begitu kerasa capeknya dibanding waktu naik, soalnya liat pemandangan bukit telettubies dan hamparan bunga edelweis yang cantik banget dibawah birunya langit.








Oiya, gunung Prau ini cocok banget buat pemula yang pingin banget naik gunung. Perjalanan trekking sampe puncak 3 jam. Untuk info guide, porter, dan persewaan alat-alat camp bisa buka www.diengindonesia.com


2 komentar:

  1. Foto nomor 11 dari atas manteep banget :D

    BalasHapus
  2. Hehee, iyaa, untungnya disana pas cerah jadi bisa mantep gitu :)

    BalasHapus