Sabtu, 14 Desember 2013

Trekking Pulau Sempu

Cerita perjalanan ini sudah dimulai sejak kami bareng-bareng minum antimo (*baca: obat tidur) di stasiun Tugu Jogja sambil menunggu kereta ke Malang tiba, Kadek yang berkaki panjang dapat seat paling depan yang paling sempit di kereta, jadi selama 8 jam di kereta kaki Kadek terpaksa gabisa dilurusin (kebayang kan pegelnya kayak apa, haha) dan saat itu untuk pertama kalinya saya merasa beruntung punya kaki pendek, hehe.

Pagi-pagi kami sudah sampai di stasiun Kota Lama Malang yaitu lokasi meet up kami dengan Tiki yang datang dari Surabaya. Pagi itu juga, kami langsung naik angkot menuju terminal Pasar Induk Gadang untuk meneruskan perjalanan sambil mencari sarapan dan perbekalan trekking.

Booking tenda via online memang berguna sekali. Walaupun akhirnya aku yang ditugasin ambil tenda mengalami banyak kejadian awkward bersama bapak ojek, BERDUA. Kebayang dong deg-degannya kayak apa kalo harus naik ojek ke lokasi yang kita sama sekali ga tau dan aku musti nenteng-nenteng Ipad yang fungsinya buat GPS dan ga nyampe-nyampe di tukang rental tenda. Ditambah lagi sepanjang jalan harus kebauan bapak ojek yang nafasnya bau rokok kretek, ditambah lagi bapak ojek curhat tentang kisah hidupnya yang udah jadi tukang ojek selama 5 tahun dengan logat madura yang aku sama sekali ga ngerti.

Beruntung GPS benar-benar membantu, akhirnya aku dan bapak ojek sampe di rental tenda, awalnya lega banget dan seneng tentunya akhirnya nyampe juga. Tapi lega dan senengnya ga berlangsung lama pas tau kalo rentalnya baru buka jam 8 sedangkan itu aku nyampe lokasi jam setengah 7 dan itu artinya aku harus MENUNGGU SELAMA 1,5 JAM BERSAMA BAPAK OJEK! Oh No!

Bete setengah mati ditambah mas-mas yang punya rental gamau ambilin tendanya di gudang kalo belum jam 8, Sh*t! Kepaksa nunggu di depan rumah rental sambil main Ipad tapi tetep aja bosen tengah maut. Sialnya, ni mas-mas agak jutek , aku disuruh nunggu pagi-pagi, kelaperan belum sarapan, mau sarapan warung belum ada yang buka, ditambah lagi dari dalem rumahnya kecium bau ayam goreng, kampret!

Setelah menempuh waktu 1,5 jam dengan perbincangan yang sangat awkward bersama bapak ojek,  akhirnya aku berhasil mendapatkan sebuah tenda berkapasitas 6 orang beserta peralatan lainnya, yey! Berlanjut lagi perjalananku bersama bapak ojek menuju pasar Induk Gadang tempat teman-teman menunggu. Kali ini lebih susah payah lagi, aku harus membawa tenda bersama Ipad dan dompet dengan kedua tanganku ditambah lagi aku harus menjaga keseimbangan soalnya bapak ojek bawa motornya termasuk ngawur. Serempet sana serempet sini, Fiuh! Sampe di Pasar Induk Gadang bentuk temen-temen udah kayak gini, haha.

Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Pepatah ini cocok buat kami berempat yang harus rela nunggu angkot yang bisa nganterin sampe ke Sendang Biru selama 2 jam demi nyebrang ke Pulau Sempu. Dan gak tanggung-tanggung, si abang angkot yang gamau rugi mau nganterin kita kalo penumpangnya udah 12 biji. Yaudah kita selo aja nunggu di warung selama 2 jam sambil numpang charger gadget sambil minum kopi sambil beli bekal nasi telur buat tar makan malem.

Then, the worst thing happen. I've got my period.  Exactly three hours before we start trekking!!
Benar-benar waktu yang ga tepat banget. Musim hujan dan pas jadwal bulanan. Tapi perjalanan udah sejauh ini, ga mungkin dan ga mau banget pulang ga dapet apa-apa. Oh ya, sebelum kami mulai trekking harusnya aku cerita tentang angkot yang kami tumpangi dari Pasar Turen ke Sendang Biru.

Jadi, setelah menunggu hampir selama 2 jam di Pasar Turen, akhirnya bang angkot teriak manggil kami kalo angkot udah mau berangkat, buru - buru kami ambil backpack dan masuk ke angkot. Anyway, diantara kami berempat yang punya badan kecil atau bisa dibilang normal cuma aku sama tiki, sedangkan kadek dan pimpin tipe orang yang badannya bongsor, tinggi, dan besar haha.

Perlu banget dijelasin, bentuk angkotnya itu semacam mobil suzuki carry, yang menurutku secara manusiawi harusnya cuma muat 12 orang dewasa paling mentok. Tapi gatau gimana mikirnya, si abang angkot maksain angkot ini ampe bisa muat 23 orang dewasa. Itu aja si abang kenek dengan happy-nya masih duduk di atap angkot yang bentuknya udah mau meledak dan masih nawar-nawarin orang di jalan.

Kalo ditanya gimana rasanya, menderita pastinya. Seberapa menderita sih? Menderitanya semacam kita harus pangku-pangkuan, kadang dipaksa sama bang kenek dipangku sama  bapak-bapak biar kursinya muat gitu, hiiiy! Kursi sopir diisi 2 orang. Kepanasan di dalam angkot, bau keringat ibu-ibu , preman, bapak-bapak yang seharian mangkal di pasar, oeek! Kondisi kayak gitu aku masih ga habis pikir ada ibu-ibu bawa bayi dan masuk ke angkot, padahal jelas-jelas angkot udah ga muat.

Dan tentunya lagi, si orang yang duduk paling belakang pojok harus cari ide gimana caranya bisa keluar dari angkot yang udah ga ada space buat turun dari angkot. Ide si orang ini pinter juga, turun angkot lewat JENDELA!! Baru kali ini aku naik angkot yang penumpangnya turun lewat jendela, kocak. Dan kebayang kan kami terjebak dalam kondisi kayak gitu selama 2 JAM! Selama perjalanan bernafas aja susah, apalagi tidur. Yang ada kami cuma bisa nyium bau keringat orang sambil nahan panas dan sumpek di dalam angkot.

Pada Akhirnya kami selamat sampai di Sendang Biru, lalu perjalanan trekking pun dimulai. Jalur trekking di Bulan Mei waktu itu licin, basah, dan berlumpur. Sedangkan kami memakai sandal gunung yang masih fresh from the oven alias baru. Pengguna sandal gunung amatiran macam aku ini harus banget kepleset, kejengkang, dan ngesot gegara lumpur bekas hujan semalem. Suara ombak dari kejauhan bikin kami semangat jalan lagi, walaupun aku harus ngesot-ngesot di tepi jurang dan rasanya mau nangis waktu kaki kanan kiri kram semua.

Pimpin yang udah duluan nyampe di pantai teriak "Ayo Ca!! Pantainya bagus banget buruan kesini!!". Susah payah jalan, ngesot ,keringatan, capek, kesel, dan caci maki kita sama bang angkot, lumpur, dan lainnya jadi terbayarkan pas udah liat laguna yang dikelilingi hutan bermonyet dan diiringi deburan ombak, pasir putih, dan tentunya langsung seger cuci-cuci di Laguna Sempu ditambah lagi malam itu adalah malam bulan purnama jadi bayangin aja kami makan di depan tenda diiringi debur ombak dibawah cahaya bulan purnama. Sempurna kan?!

Waktu itu kami sampe di laguna matahari udah hampir tenggelam, lalu kami mulai mendirikan tenda. Untuk pertama kalinya kami cewek-cewek yang mendirikan tenda tanpa bantuan cowok tentu saja bingung pada awalnya. Tapi berkat kecerdasan kami akhirnya tenda pun berhasil berdiri tegak.

Bawa bekal nasi telur yang kami beli di Pasar Turen setelah dibuka ternyata telurnya hampir basi. Langsung aja buru-buru dimakan sebelum basi beneran. Gatau saking lapernya apa gimana telur hampir basi udah habis dimakan, jadinya happytos dijadiin lauk bareng nasi, haha.

Paginya, keluar tenda pemandangannya kayak gini. Monyet-monyet udah punya nyali ngambilin bekas makanan sama minuman semalem yang ditaruh di luar tenda. Untung aja baju-baju ga jadi dikeringin di luar tenda, bisa-bisa dicopet monyet, hehe.

Kalo ke pantai ga afdol kalo ga main air, jadinya kami cuma lari-lari kecil ga jelas di pinggir pantai. Itung-itung pemanasan buat trekking balik tar siang, haha.

Jam 9 pagi kami udah siap trekking balik. Tenda udah diberesin, sampah-sampah udah dikumpulin buat dibawa balik ke Sendang Biru buat dibuang, lalu kita mulai trekking dan say good bye to Sempu..